Gambaran Pekerjaan NOC

Setelah berbagai artikel yang telah diposting mengenai langkah-langkah konfigurasi , kini saatnya berbagi gambaran pekerjaan di dunia network yang pekerjaannya didepan layar, sebut saja NOC (Network Operation  Center).

Lalu apa itu NOC?
Network Operation Center (NOC) Adalah tempat  dimana suatu perusahaan ISP dapat mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi baikitu inernet, vpn,email dsb.   Tempat ini berisi visualisasi dari jaringan atau jaringan yang sedang dipantau, workstation di mana status rinci jaringan dapat dilihat, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengelola jaringan, disinilah member NOC bekerja selama 24 jam dengan sistem shift.

Tugas NOC
Menangani konfigurasi dan perubahan manajemen jaringan, network security, performance dan policy monitoring, pelaporan, jaminan kualitas, scheduling dan dokumentasi dengan memanfaatkan kemampuan management network, monitoring dan analysis tools.

NOC juga bertugas sebagai Help Desk, menerima komplain masuk dari pelanggan yang mengeluhkan/menanyakan layanan/produk dari ISP, kemudian melakukan follow up dan pengecekan agar pertanyaan atau keluhan teratasi.

NOC memberikan kemudahan kepada user dalam melakukan aktivitas koordinasi operasi dengan semua pendukung dan vendor terkait dengan fungsi network. Kegiatan pada NOC adalah memberikan support selama 24 jam dengan aktivitas sebagai berikut :
Memonitor operasi semua hubungan backbone dan pendukung jaringan lainnya.
Menjamin bahwa server dan pelayanan bekerja secara terus menerus selama 24jam.
Memberi jaminan untuk mendukung kualitas layanan jaringan kepada pengguna.
Perbaikan semua masalah jaringan dan sistem terkait.
NOC berkoordinasi dengan tim lain yang berbeda divisi jika diperlukan, perihal service yang digunakan oleh customer itu sendiri.
Contoh: Saat t/s jaringan di customer A, NOC kesulitan mengakses router di customer karena username data password router tidak ada pada database NOC, di sini NOC berkoordinasi dengan tim provisioning untuk  mendapatkan username dan password tersebut. Dan apa bila perbaikian mengharuskan pengecekan fisik kelokasi.

Sekian semoga ada manfaat dari artikel ini, baca juga artikel-artikel selanjutnya
Share:

2 komentar:

  1. skill apa saja yang harus dikuasai seorang staff NOC

    BalasHapus
    Balasan
    1. terutama di bidang teknik jaringan, cisco, mikrotik, software cacti dsb

      Hapus

Copyright © Catatan Pengingatku | Powered by Blogger