Sikap Proaktif Dan Contohnya

Pengertian dari proaktiv itu sendiri adalah "Suatu keyakinan bahwa penyebab dan sumber tingkah laku berasal dari dalam diri manusia itu sendiri". (E. Koswara : 1986)

Kemudian menurut Stephen R. Covey : 1997 "Sikap untuk bertanggung jawab atas hidup diri   kita sendiri. Hidup yang kita jalani berasal dari berbagai macam bentuk keputusan yang kita buat dan kita sebagai manusia juga punya tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi". 

Pengertian berikutnya Proaktiv yaitu "Berinisiatif untuk membentuk pribadi menuju suatu tujuan hidup tertentu". (Suharli : 2009)

Sedangkan menurut Venkatraman : 1989 proaktiv adalah Bentuk kesedian para wirausahawan untuk mencari peluang pasar secara terus menerus dan melakukan berbagai macam eksperimen untuk menggali keuntungan potensial yang ada di suatu pangsa pasar tertentu.

Secara umum, pengertian proaktif adalah sikap seseorang yang mampu mengenali kesempatan dan memanfaatkannya sehingga menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik. Orang dengan sikap proaktif tidak sekedar bereaksi terhadap berbagai keadaan tetapi memiliki inisiatif untuk melakukan aksi terhadap perubahan.
Contohnya sikap yang ditunjukkan oleh para aktivis lingkungan hidup untuk membersihkan sampah di sungai. Ini merupakan sikap proaktif untuk menjaga lingkungan agar sampah tidak menumpuk di sungai yang dapat menyebabkan banjir.
Sikap proaktif seseorang dapat dilihat dari perilakunya. Yang pertama orang proaktif memiliki rasa tanggung jawab. Mereka tidak mudah menyalahkan orang lain atas suatu kejadian tetapi lebih memilih bertanggung jawab dan mencari solusi atas permasalahan.
Kedua, orang proaktif lebih fokus bekerja dan berusaha agar dapat melakukan perubahan dalam ruang lingkup yang lebih luas sehingga dampak perubahan itu juga lebih besar.
Ketiga, orang proaktif melakukan perubahan dimulai dari dirinya sendiri dengan melakukan instropeksi diri apakah yang dia lakukan sudah benar atau tidak. Baru kemudian memperluas perubahan kepada orang-orang di sekitarnya.
Keempat, orang proaktif memiliki prinsip-prinsip yang ia anggap benar. Prinsip itulah yang ia terjemahkan ke dalam bentuk nilai-nilai yang akan mengarahkan sikap dan perilakunya sehingga setiap sikap dan perilakunya selalu berpegang pada prinsip yang ia anut.. Dan yang terakhir, orang proaktif berupaya mengoptimalkan apa yang ada dalam dirinya yaitu yang disebut dengan empat anugerah unik yang hanya dimiliki manusia yaitu kesadaran diri, hati nurani, imajinasi kreatif, dan kebebasan kehendak.
Oleh sebab itu sikap proaktiv sangat berpengaruh kepada pembentukan mental pemimpin, karena dari kebiasaan-kebiasan inilah mental dan pola pikir terbentuk.

Proaktiv itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu PROACTIVE- POSITIVE THINKING dan PROACTIVE- NEGATIVE-THINKING

Secara garis besar Sikap PROACTIVE- POSITIVE THINKING adalah: OPTIMIST,ASSERTIVE,SPORTIF,WIN-WIN.
Kemudian untuk garis besar Sikap PROACTIVE- NEGATIVE THINKING adalah: OTORITER,DOMINAN,AGRESICE,EMOSIONAL,MENCARI MENANG, MENGHADAPI LAWAN.


Sikap proaktiv lebih sering dimiliki oleh ;
  -          ORANG TUA 
  -          ATASAN 
  -          GURU
  -          PEMIMPIN


Sumber : Materi, Fundamental Self Empowerment Training oleh Drs.Psi.Winarto
Share:

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Pengingatku | Powered by Blogger